Langsung ke konten utama

Ilmu Tasawwuf


Pendapat KH Siradjuddin Abbas, dalam buku beliau โ€œ40 Masalah Agamaโ€ Jilid 3, hal 30.

Ilmu Tasawuf adalah salah satu cabang dari ilmu-ilmu Islam utama, yaitu ilmu Tauhid (Usuluddin), ilmu Fiqih dan ilmu Tasawuf.
Ilmu Tauhid untuk bertugas membahas soal-soal iโ€™tiqad, seperti iโ€™tiqad mengenai keTuhanan, keRasulan, hari akhirat dan lain-lain sebagainya .
Ilmu Fiqih bertugas membahas soal-soal ibadat lahir, seperti sholat, puasa, zakat, naik haji dan lain
Ilmu Tasawuf bertugas membahas soal-soal yang bertalian dengan akhlak dan budi pekerti, bertalian dengan hati, yaitu cara-cara ikhlas, khusyu, tawadhu, muraqabah, mujahadah, sabar, ridha, tawakal dan lain-lain.
Ringkasnya: tauhid taโ€™luk kepada iโ€™tiqad, fiqih taโ€™luk kepada ibadat, dan tasawuf taโ€™kluk kepada akhlak
Kepada setiap orang Islam dianjurkan supaya beriโ€™tiqad sebagaimana yang diatur dalam ilmu tauhid (usuluddin), supaya beribadat sebagaimana yang diatur dalam ilmu fiqih dan supaya berakhlak sesuai dengan ilmu tasawuf.
Agama kita meliputi 3 (tiga) unsur terpenting yaitu, Islam, Iman dan Ihsan
Sebuah hadits menguraikan sebagai berikut:
Pada suatu hari kami (Umar Ra dan para sahabat Ra) duduk-duduk bersama Rasulullah Saw. Lalu muncul di hadapan kami seorang yang berpakaian putih. Rambutnya hitam sekali dan tidak tampak tanda-tanda bekas perjalanan. Tidak seorangpun dari kami yang mengenalnya. Dia langsung duduk menghadap Rasulullah Saw. Kedua kakinya menghempit kedua kaki Rasulullah, dari kedua telapak tangannya diletakkan di atas paha Rasulullah Saw, seraya berkata,
โ€œYa Muhammad, beritahu aku tentang Islam.โ€
Lalu Rasulullah Saw menjawab, โ€œIslam ialah bersyahadat bahwa tidak ada tuhan kecuali Allah dan Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan mengerjakan haji apabila mampu.โ€
Kemudian dia bertanya lagi, โ€œKini beritahu aku tentang iman.โ€
Rasulullah Saw menjawab, โ€œBeriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir dan beriman kepada Qodar baik dan buruknya.โ€
Orang itu lantas berkata, โ€œBenar. Kini beritahu aku tentang ihsan.โ€
Rasulullah berkata, โ€œBeribadah kepada Allah seolah-olah anda melihat-Nya walaupun anda tidak melihat-Nya, karena sesungguhnya Allah melihat anda.
Dia bertanya lagi, โ€œBeritahu aku tentang Assaโ€™ah (azab kiamat).โ€
Rasulullah menjawab, โ€œYang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya.โ€ Kemudian dia bertanya lagi, โ€œBeritahu aku tentang tanda-tandanya.โ€ Rasulullah menjawab, โ€œSeorang budak wanita melahirkan nyonya besarnya. Orang-orang tanpa sandal, setengah telanjang, melarat dan penggembala unta masing-masing berlomba membangun gedung-gedung bertingkat.โ€ Kemudian orang itu pergi menghilang dari pandangan mata.
Lalu Rasulullah Saw bertanya kepada Umar, โ€œHai Umar, tahukah kamu siapa orang yang bertanya tadi?โ€ Lalu aku (Umar) menjawab, โ€œAllah dan rasul-Nya lebih mengetahui.โ€ Rasulullah Saw lantas berkata, โ€œItulah Jibril datang untuk mengajarkan agama kepada kalian.โ€ (HR. Muslim)
Tentang Islam kita dapat temukan dalam ilmu fiqih, sasarannya syariโ€™at lahir, umpanya, sholat, puasa, zakat, naik haji, perdagangan, perkawinan, peradilan, peperangan, perdamaian dll.
Tentang Iman kita dapat temukan dalam ilmu tauhid (usuluddin), sasarannya iโ€™tiqad (akidah / kepercayaan), umpamanya bagaimana kita (keyakinan dalam hati) terhadap Tuhan, Malaikat-Malaikat, Rasul-Rasul, Kitab-kitab suci, kampung akhirat, hari bangkit, surga, neraka, qada dan qadar (takdir).
Tentang Ihsan kita dapat temukan dalam ilmu tasauf, sasarannya akhlak, budi pekerti, bathin yang bersih, bagaimana menghadapi Tuhan, bagaimana muraqabah dengan Tuhan, bagaimana membuang kotoran yang melengket dalam hati yang mendinding (hijab) kita dengan Tuhan, bagaimana Takhalli, Tahalli dan Tajalli. Inilah yang dinamakan sekarang dengan Tasawuf.
Setiap Muslim harus mengetahui 3 (tiga) unsur ini sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya dan memegang serta mengamalkannya sehari-hari.
Pelajarilah ketiga ilmu itu dengan guru-guru, dari buku-buku, tulisan atau dalam jamaโ€™ah / manhaj / metode / jalan.
Waspadalah jika jamaโ€™ah / manhaj / metode / jalan yang โ€œmenolakโ€ salah satu dari ketiga ilmu itu karena itu memungkinkan ketidak sempurnaan hasil yang akan dicapai.
Ilmu Tasawuf itu tidak bertentangan dengan Al-Qurโ€™an dan Sunnah Nabi dan bahkan Qurโ€™an dan Sunnah Nabi itulah yang menjadi sumbernya.
Andaikata ada kelihatan orang-orang Tasawuf yang menyalahi syariโ€™at, umpamanya ia tidak sholat, tidak sholat jumโ€™at ke mesjid atau sholat tidak berpakaian, makan siang hari pada bulan puasa, maka itu bukanlah orang Tasawuf dan jangan kita dengarkan ocehannya.
Berkata Imam Abu Yazid al Busthami yang artinya, โ€œKalau kamu melihat seseorang yang diberi keramat sampai ia terbang di udara, jangan kamu tertarik kepadanya, kecuali kalau ia melaksanakan suruhan agama dan menghentikan larangan agama dan membayarkan sekalian kewajiban syariโ€™atโ€
Pendapat syaikh Abu Al Hasan Asy-Syadzili, โ€ Jika pendapat atau temuanmu bertentangan dengan Al-Qurโ€™an dan Hadits, maka tetaplah berpegang dengan hal-hal yang ada pada Al-Qurโ€™an dan Hadits. Dengan demikian engkau tidak akan menerima resiko dalam penemuanmu, sebab dalam masalah seperti itu tidak ada ilham atau musyahadah, kecuali setelah bersesuaian dengan Al-Qurโ€™an dan Haditsโ€œ.
Jadi syarat untuk mendalami ilmu Tasawuf (tentang Ihsan) terlebih dahulu harus mengetahui ilmu fiqih (tentang Islam) dan ilmu tauhid / usuluddin (tentang Iman).
Dengan ketiga ilmu itu kita mengharapkan meningkat derajat/kualitas ketaqwaan kita.
Mulai sebagai muslim menjadi mukmin dan kemudian muhsin atau yang kita ketahui sebagai implementasi Islam, Iman dan Ihsan.
Orang-orang yang paham dan mengamalkan ilmu Tasawuf dikenal dengan nama orang sufi.
Syekh Abu al-Abbas r.a mengatakan bahwa orang-orang berbeda pendapat tentang asal kata sufi. Ada yang berpendapat bahwa kata itu berkaitan dengan kata shuf (bulu domba atau kain wol) karena pakaian orang-orang shaleh terbuat dari wol. Ada pula yang berpendapat bahwa kata sufi berasal dari shuffah, yaitu teras masjid Rasulullah saw. yang didiami para ahli shuffah.
Menurutnya kedua definisi ini tidak tepat.
Syekh mengatakan bahwa kata sufi dinisbatkan kepada perbuatan Allah pada manusia. Maksudnya, shafahu Allah, yakni Allah menyucikannya sehingga ia menjadi seorang sufi. Dari situlah kata sufi berasal.
Lebih lanjut Syekh Abu al Abbas r.a. mengatakan bahwa kata sufi (al-shufi)
terbentuk dari empat huruf: shad, waw, fa, dan ya.
Huruf shad berarti shabruhu (kebesarannya), shidquhu (kejujuran), dan shafaโ€™uhu(kesuciannya)
Huruf waw berarti wajduhu (kerinduannya), wudduhu (cintanya), dan wafaโ€™uhu(kesetiaannya)
Huruf faโ€™ berarti fadquhu (kehilangannya), faqruhu (kepapaannya), dan fanaโ€™uhu(kefanaannya).
Huruf yaโ€™ adalah huruf nisbat.
Apabila semua sifat itu telah sempurna pada diri seseorang, ia layak untuk menghadap ke hadirat Tuhannya.
Kaum sufi telah menyerahkan kendali mereka pada Allah. Mereka mempersembahkan diri mereka di hadapanNya. Mereka tidak mau membela diri karena malu terhadap rububiyah-Nya dan merasa cukup dengan sifat qayyum-Nya. Karenanya, Allah memberi mereka sesuatu yang lebih daripada apa yang mereka berikan untuk diri mereka sendiri.
Firman Allah taโ€™ala yang artinya: โ€...Sekiranya kalau bukan karena karunia Allah dan rahmat-Nya, niscaya tidak ada seorangpun dari kamu yang bersih (dari perbuatan keji dan mungkar) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa saja yang dikehendakiโ€ฆโ€ (QS An-Nuur:21)
Firman Allah yang artinya,
[38:46] Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat.
[38:47] Dan sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang paling baik.
(QS Shaad [38]:46-47)
catatan penting bagi Kita yang mencintai Ilmu tasyauf. maka jangan hitaukan celotehan dan kicauan sang penentang ilmu tasyauf
Mereka yang menentang ajaran Ilmu tasyauf akan membawakan kalam imam Syafiโ€™I ini salah satu bentuk kedustaan mereka terhadap Imam Syafiโ€™i.
Dusta sang penentang atas Nama Imam syafiโ€™i

Pertama :

ุฑูˆู‰ ุงู„ุจูŠู‡ู‚ูŠ ููŠ "ู…ู†ุงู‚ุจ ุงู„ุดุงูุนูŠ" ุนู† ูŠูˆู†ุณ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุฃุนู„ู‰ ูŠู‚ูˆู„: ุณู…ุนุช ุงู„ุดุงูุนูŠ ูŠู‚ูˆู„: ู„ูˆ ุฃู† ุฑุฌู„ุงู‹ ุชุตูˆูŽู‘ู ู…ู† ุฃูˆู„ ุงู„ู†ู‡ุงุฑ ู„ู… ูŠุฃุช ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุธู‡ุฑ ุฅู„ุง ูˆุฌุฏุชู‡ ุฃุญู…ู‚.

Al-Imam Al-Baihaqi rahimahullahu meriwayatkan di dalam kitabnya Manaqib asy-Syafiโ€™I dari Yunus bin Abdul Aโ€™la, aku mendengar imam Syafiโ€™I berkata: โ€œJika seorang belajar tasawuf di pagi hari, sebelum datang waktu dhuhur engkau akan dapati dia menjadi orang dungu.โ€

Kedua :

ูˆุนู†ู‡ ุฃูŠุถุง ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„ ู…ุง ู„ุฒู… ุฃุญุฏ ุงู„ุตูˆููŠุฉ ุฃุฑุจุนูŠู† ูŠูˆู…ุง ูุนุงุฏ ุนู‚ู„ู‡ ุฅู„ูŠู‡ ุฃุจุฏุง
Dari imam Syafiโ€™I juga, bahwasanya beliau berkata โ€œSeorang yang telah bersama kaum shufiyah selama 40 hari, tidak mungkin kembali akalnya selama-lamanya.โ€

Benarkah imam Syafiโ€™i seperti apa yang mereka katakan ??

Jawaban :

Pertama : Khobar pertama di dalam sanadnya oleh para ulama masih diperselisihkan artinya tidak tsiqah. Dalam periwayatan lainnya menggunakan kalimat โ€œLau laaโ€ (seandainya tidak).

Dalam kitab Hilyatul Aulia disebutkan sbgai berikut :

ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู†ู ุŒ ุญุฏูŽู‘ุซูŽู†ููŠ ุฃูŽุจููˆ ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ู‚ูŽุชูŽู‘ุงุชู ุŒ ุซู†ุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ ุŒ ุซู†ุง ูŠููˆู†ูุณู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฃูŽุนู’ู„ูŽู‰ ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุงู„ุดูŽู‘ุงููุนููŠูŽู‘ ุŒ ูŠูŽู‚ููˆู„ู : " ู„ูŽูˆู’ู„ุง ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุฌูู„ุง ุนูŽุงู‚ูู„ุง ุชูŽุตูŽูˆูŽู‘ููŽ ุŒ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฃู’ุชู ุงู„ุธูู‘ู‡ู’ุฑูŽ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ูŠูŽุตููŠุฑูŽ ุฃูŽุญู’ู…ูŽู‚ูŽ "

โ€œ Seandainya orang yang berakal tidak bertasawwuf, maka belum sampai dhuhur, ia akan menjadi dungu โ€œ

Sanad periwayatan ini muttasil dari pengarang kitab Hiltyatul Aulia hingga sampai pada imam Syafi'i dan lebih kuat karena menggunakan shighah tahdits / samaโ€™ (lambing periwayatan yang didengarkan secara langsung secara estafet).

Kedua ; Mereka menukil ucapan imam Syafiโ€™I tersebut dengan bodoh terhadap makna yang sebenarnya.Benarkah itu sebuah celaan terhadap ajaran tasawwuf ??
Makna yang sesungguhnya adalah :

โ€œ Tidaklah seseorang belajar tasawwuf tanpa didahului ilmu fiqih, maka tidaklah datang waktu dhuhur maksudnya waktu sholat, kecuali dia dalam keadaan dungu yakni dalam keadaan bodoh, dia tidak mengerti bagaimana beribadah dengan Tuhannya โ€œ.
Makna seperti ini sesuai dengan kalam para ulama lainnya seperti imam Sirri As-Saqothi yang berkata kepada imam Junaid dan disebutkan oleh al-Hafidz Abu Thalib Al-Makki dalam kitabnya Qutul Qulub sebagai berikut :

โ€œ Imam Sirri as-Saqothi berkata pada imam Junaid โ€œ Jika kau berpisah dariku, siapakah yang kau duduk bersamanya ? Imam Junaid menjawab โ€œ Al-Harist al-Muhasibi โ€œ. Imam Sirri berkata โ€œ Benar, ambillah ilmu dan adabnya, dan tinggalkan kalam lembutnya โ€œ. Imam Junaid berkata โ€œ Ketika aku hendak pergi aku mendengar beliau berkata :

ุฌุนู„ูƒ ุงู„ู„ู‘ู‡ ุตุงุญุจ ุญุฏูŠุซ ุตูˆููŠุงู‹ ูˆู„ุง ุฌุนู„ูƒ ุตูˆููŠุงู‹ ุตุงุญุจ ุญุฏูŠุซ

โ€œ Semoga Allah menjadikanmu ahli hadits yang bertasawwuf dan tidak menjadikanmu ahli tasawwuf yang pandai hadits โ€œ.

Ketiga ; Mereka menukil ucapan imam Syafiโ€™I tersebut dari imam Baihaqi dalam kitabnya Manaqib Asy-Syafiโ€™i. Seandainya mereka mau jujur, maka mereka seharusnya juga menampilkan kalam imam Baihaqi terhadap kalam imam Syafiโ€™I tersebut dan tidak membuangnya. Namun karena tujuan mereka untuk mengelabui umat dari makna yang sebenarnya, mereka tak lagi peduli pada kejujuran dan amanat. Fa laa haula wa laa quwwata illa billahi..

Berikut komentar beliau stelah menampilkan kalam imam Syafi'i tsb dalam kitab beliau Manaqib Asy-Syafi'i juz 2 halaman 207 :

ู‚ู„ุช : ูˆุฅู†ู…ุง ุฃุฑุงุฏ ุจู‡ ู…ู† ุฏุฎู„ ููŠ ุงู„ุตูˆููŠุฉ ูˆุงูƒุชูู‰ ุจุงู„ุงุณู… ุนู† ุงู„ู…ุนู†ู‰ุŒ ูˆุจุงู„ุฑุณู… ุนู† ุงู„ุญู‚ูŠู‚ุฉุŒ ูˆู‚ุนุฏ ุนู† ุงู„ูƒุณุจุŒ ูˆุฃู„ู‚ู‰ ู…ุคู†ุชู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุณู„ู…ูŠู†ุŒ ูˆู„ู… ูŠุจุงู„ ุจู‡ู…ุŒ ูˆู„ู… ูŠุฑุน ุญู‚ูˆู‚ู‡ู… ูˆู„ู… ูŠุดุชุบู„ ุจุนู„ู… ูˆู„ุง ุนุจุงุฏุฉุŒ ูƒู…ุง ูˆุตูู‡ู… ููŠ ู…ูˆุถุน ุขุฎุฑ

" Aku katakan (Imam Al Baihaqi menjelaskan maksud perkataan Imam As Syafiโ€™i tersebut): โ€ Sesungguhnya yang imam Syafi'i maksud adalah orang yang masuk dalam shufi namun hanya cukup dengan nama bukan dengan makna (pengamalan), merasa cukup dengan simbol dan melupakan hakekat shufi, malas bekerja, membebankan nafkah pada kaum muslimin tapi tidak peduli dgn mereka, tidak menjaga haq-haq mereka, tidak menyibukkan diri dengan ilmu dan ibadah, sebagaimana beliau menyifai hal ini di tempat yang lainnya. "

(Al Manaqib Al Imam As Syafiโ€™i li Al Imam Al Baihaqi, 2/207)

Inilah yang dimaksud oleh imam Syafi'i, maka jelas bahwa beliau tidak mencela ajaran tasawwuf dan penganutnya.

Dan cukup kalam imam Syafiโ€™i berikut ini dalam bentuk bait syiโ€™ir untuk membungkam hujjah mereka :

ูู‚ูŠู‡ุงู‹ ูˆุตูˆููŠุงู‹ ููƒู† ู„ูŠุณ ูˆุงุญุฏุง ูุฅู†ู€ู€ูŠ ูˆุญู€ู‚ ุงู„ู„ู‡ ุฅูŠู€ุงูƒ ุฃู†ุตุญ
ูุฐู„ูƒ ู‚ุงุณ ู„ู… ูŠุฐู‚ ู‚ู„ุจู‡ ุชู‚ู€ู€ู‰ ูˆู‡ุฐุง ุฌู‡ูˆู„ ูƒูŠู ุฐูˆ ุงู„ุฌู‡ู„ ูŠุตู„ุญ

โ€œ Jadilah kamu seorang ahli fiqih yang bertasawwuf jangan jadi salah satunya, sungguh dengan haq Allah aku menasehatimu.

Jika kamu menjadi ahli fiqih saja, maka hatimu akan keras tak akan merasakan nikmatnya taqwa. Dan jka kamu menjadi yang kedua saja, maka sungguh dia orang teramat bodoh, maka orang bodoh tak akan menjadi baik โ€œ.

(Diwan imam Syafiโ€™i halaman : 19)

Komentar

Popular Posts

RAHASIA DIBALIK USIA 40 (Menyingkap Rahasia Nubuwwah Rasulullah SAW)

Rahasia umur Muhammad saat nubuwah, mulai tersingkap sedikit demi sedikit. Mengapa Nabi Muhammad SAW. mengemban misi kenabian saat beliau berusia 40 tahun? Dan bukannya usia 30 atau 35, puncak kehebatan [fisik] manusia? Mengapa harus 40 tahun? saat fisik sudah berada di jalur turun, ibarat naik roll coster, 0-39 th adalah ketika kereta merambat naik, lalu di usia 40 lah si kereta roll coster mencapai puncak rel dan kemudian meroket turun.

Pengertian Dekat Kepada Allah

Kita sudah maklum bahwa Allah s.w.t. adalah dekat dengan kita. Tetapi hamba-hamba Allah yang shaleh merasakan bahwa mereka dekat dengan Allah SWT. Bagaimana pengertian hal keadaan ini, tentu saja kita ingin mempelajarinya. Maka dalam hal ini yang mulia Maulana Ibnu Athaillah Askandary telah mengungkapkannya dalam Kalam Hikmah beliau sebagai berikut: "Dekat anda kepada-Nya ialah bahwa anda melihat dekatNya. Jika tidak (demikian), maka di manakah anda dan di manakah wujud dekat-Nya? Kalam Hikmah ini sepintas lalu agak sulit difahami dan dimengerti, karena itu marilah kita jelaskan sebagai berikut: A. Pengertian "dekat Allah SWT dengan kita" ialah dekat pada ilmu, pada kekuasaan (qudrat) dan pada kehendak (iradah). DekatNya Allah dengan kita pada 'Ilmu', artinya segala sesuatu apa pun yang terdapat pada kita dan yang terjadi pada kita, lahir dan bathin, semuanya diketahui oleh Allah SWT dengan IlmuNya sejak azali, artinya sejak alam mayapada ini be...

Tangisan Rasulullah SAW Ingat Umatnya di Akhir Zaman

Dalam sebuah riwayat dikisahkan, ketika itu baginda Rasullah  sedang berkumpul duduk bersama sahabat-sahabatnya, diantara para sahabat ada Abu Bakar, Umar, Usman, Ali dan lainnya. Lalu kemudian Rasul bertanya kepada para sahabat, โ€œWahai sahabatku! Tahukah kalian siapakah hamba Allah yang paling mulia disisi Allah?โ€ Para sahabat pun terdiam. Lalu ada salah seorang sahabat berkata, โ€œPara malaikat ya Rasulullah!โ€ Kemudian Nabi bekata, โ€œYa, para malaikat itu mulia, mereka dekat dengan Allah mereka senantiasa bertasbih, berzikir, beribadah kepada Allah, tentulah mereka mulia. Namun bukan itu yang Aku maksud.โ€  Lalu para sahabat kembali terdiam. Kemudian salah seorang sahabat kembali menjawab, โ€œYa Rasulullah, tentulah para Nabi, mereka itu yang paling mulia.โ€ Nabi Muhammad tersenyum, Baginda Nabi berkata, โ€œYa, para nabi itu mulia, mereka itu adalah utusan Allah di muka bumi ini, mana mungkin mereka tidak mulia, tentulah mereka mulia, akan tetapi ad...